Rabu, 12 November 2008

Gerakan Non Blok

masih relevankah gerakan non blok?

oleh suminto fitriantoro

Masih relevankah Gerakan Nonblok? Itulah antara lain pertanyaan mendasar menjelang pertemuan puncak GNB, yang dibuka hari Jumat 15 September di Havana, Kuba, atau hari Sabtu 16 September waktu Indonesia. KTT antara lain dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pertanyaan itu lebih terkait dengan latar belakang pembentukan GNB tahun 1961 pada saat memuncak Perang Dingin. GNB lahir untuk mengimbangi pertarungan ideologis antara Blok Barat pimpinan Amerika Serikat dan Blok Timur pimpinan Uni Soviet.

Ketika Perang Dingin memuncak, peran dan fungsi GNB mencegah perang nuklir antara Blok Barat dan Blok Timur. Setelah Perang Dingin berakhir, peran GNB surut, dan keberadaannya dianggap sudah selesai pula.

Namun, dalam perkembangannya, setelah era Perang Dingin semakin jauh ditinggalkan, GNB justru tetap bertahan. Memang perlu diakui, muncul banyak kritik terhadap peran dan fungsi GNB, yang dinilai kurang membantu menyelesaikan berbagai persoalan di kalangan anggotanya maupun antaranggotanya.

Sebagai organisasi yang ditopang oleh 118 negara anggota negara berkembang, GNB sesungguhnya dapat meningkatkan kiprahnya di tengah dunia yang sedang berubah. Apalagi GNB lahir dari keinginan dan semangat mencegah perang dan memperkokoh perdamaian.

Setelah Perang Dingin berakhir, perang dan konflik bersenjata masih muncul di mana-mana, terutama di kalangan anggota GNB sendiri. Harapan akan terbentuknya dunia yang lebih aman dan damai ternyata masih sulit diwujudkan.

Dunia masih terus dilanda kekacauan bukan hanya oleh konflik bersenjata dan gelombang kekerasan yang merebak di mana-mana, tetapi juga oleh ketimpangan sosial ekonomi, kemiskinan, dan krisis ekologi.

Jika ketegangan di era Perang Dingin lebih dipicu oleh pertarungan ideologis antara kapitalisme dan komunisme, saat ini dunia dilanda oleh masalah ketimpangan ekonomi dan tatanan dunia yang tidak adil.

Tantangan bagi setiap anggota GNB tentu saja bagaimana berbenah diri dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya masing-masing agar dapat berperan lebih aktif dalam mengurangi ketidakadilan dan ketimpangan yang melanda dunia.

Melalui KTT Havana, GNB kembali diberi kesempatan dan diuji kemampuannya untuk memberikan kontribusi bagi perdamaian dan keadilan dunia.

kalau kita menanggapi gerakan non blok masih perlu untuk dipertahankan, sebab menurut saya:\
1 berdasarkan pembukaaan UUD 1945 telah dijelaskan bahwa segala bentuk penjajahan dunia harus dihapuskan, selain itu kan bangsa indonesia juga ikut menjaga ketertiban dunia?
2 politik luar negeri indonesia yang bebas aktif juga merupakan dasar utama keterlibatan indonesia ke dalam anggota GNB ya kan? lho, kalau non blok tidak relevan lagi berarti juga politik luar negeri indonesia juga tidak relevan lagi to? cobalah kamu pikir panjang- panjang gituuuu.

Tidak ada komentar: